Tips Menghilangkan Jerawat

Diposting oleh Blog Anak Muda on Sabtu, 05 September 2009

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam jerawat, akan tetapi semua cara tersebut membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama, jerawat merupakan penyakit yang sulit dihilangkan dan bagi orang yang menderitanya akan sangat malu dan ingin menghilangkannya. jerawat banyak tumbuh pada remaja yang akan memasuki masa muda.(...) Penyebab sebenarnya mengapa seseorang mempunyai jerawat dan yang lain tidak punya masih belum diketahui secara menyeluruh. Beberapa faktor yang menyebabkan jerawat ialah:
Stres
Keturunan dari orangtua
Aktivitas hormon : Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
Kelenjar minyak yang hiperaktif
Bakteri di pori-pori kulit
Iritasi kulit atau karena garukan
Pil pengontrol kelahiran / pil KB, namun banyak wanita mengalami penurunan munculnya jerawat semasa pemakaian pil
Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi, terutama chlorinated dioxins, yang menyebabkan jerawat serius yang disebut Chloracne

Pada umumnya, ada beberapa tipe jerawat
TIPE 1: Komedo, sifat & penyebabnya

Komedo adalah nama ilmiah dari pori2 yg tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yg terbuka disebut juga sebagai blackhead, terlihat seperti pori2 yg membesar dan menghitam (yang berwarna hitam itu bukan kotoran; sebenarnya itu adalah penyumbat pori yg berubah warna krn teroksidasi dgn udara).

Komedo yang tertutup, atau whitehead, memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat; makanya terlihat seperti tonjolan putih kecil-kullit dibawah kulit. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pd kulit. Bila anda tdk meng-exfoliate (bisa dengan scrub, cuci muka dgn waslap,memakai sabun muka mengandung salicylic acid atau yang mengandung AHA/BHA, dll) kulit wajah secara berkala, sel-sel kulit mati menumpuk di kulit; minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel-sel kulit, terjadilah penyumbatan

Makeup dan produk penataan rambut yang mengandung minyak dapat memperparah keadaan. Berkeringat dan udara yang panas dan lembab dapat juga menyumbat pori-pori.


TIPE 2 : Jerawat Biasa, sifat & penyebabnya


Jenis jerawat `klasik’ ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karen pori-pori yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri. Bakteri ini bisa yang terdapat dipermukaan kulit, bisa juga dari waslap, kuas makeup, jari tangan, juga telepon.

Stress, hormon dan udara yang lembab dapat memperbesar kemungkinan infeksi jerawat, karena menyebabkan kulit memproduksi minyak, yang merupakan tempat berkembang-biaknya bakteri.

Jerawat yang disebabkan oleh hormon biasanya muncul di sekitar rahang dan dagu, menurut seorang ahli kulit, yang merekomendasikan pemakaian pil KB yang rendah estrogen, spt Orthotricyclen, Orthocept dan Alesse. (Untungnya, menurut penelitian ternyata coklat dan French fries tidak mempunyai pengaruh pada berbiaknya jerawat). Untuk mengatasi hal tersebut, ada sebuah bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah tumbuhnya jerawat. Bahan ini murah dan dapat ditemukan disekitar anda yaitu putih telur dari ayam kampung yang menurut penelitian banyak mengandung zat yang dapat mencegah jerawat. Gunakan putih telur ini sebagai masker dan gunakanlah secara teratur seperti seminggu 1 kali.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar