ANEH/Seorang wanita menyusui anak sapi

Diposkan oleh Blog Anak Muda on Senin, 06 September 2010

Hal tersebut dilakukan oleh Chouthi Bai, seorang wanita asal desa Kilchu, Rajasthan, India. Dalam tayangan video yang dimuat Reuters, terlihat bagaimana Bai menyusui anak sapi yang kehausan.

Bai menyusui anak sapi sambil menjaga anaknya yang paling kecil. Si anak sapi terlihat begitu lahap menghisap air susu Bai.

Bai mulai menyusui anak sapi setelah induk si sapi mati tiga hari pasca melahirkan. Sejak saat itu, Bai mengenakan pakaian untuk anak sapi tersebut, menyusui, memberi makan serta membesarkannya seperti anak sendiri.


"Setelah kematian ibunya, saya menggendong dan merawatnya. Saya memberinya makan dengan susu saya. Dia sangat muda ketika ibunya mati. Bagi saya tidak ada bedanya antara anak sapi dan bayi," ujar Chouthi Bai, sambil memeluk dan membelai anak sapi, seperti dilansir dari Dailyindia.

Anak sapi itu kini berusia satu setengah bulan. Bai telah mengadopsi dan secara bertahap membentuk ikatan kasih sayang ibu dan anak dengan anak sapi tersebut.

Bai bisa menyusui anak sapi tiga hingga empat kali dalam sehari. Selain itu, ia juga memberi makan rumput pada anak sapi.

"Saya menyusuinya tiga sampai empat kali sehari, jumlah yang sama ketika saya menyusui bayi. Kadang saya harus memberinya makan chapatti (roti India), saya juga menyediakan air untuk minum dan perlahan ia mulai tumbuh besar. Tuhan akan puas bisa saya merawatnya," tambah Bai.

Chouthi Bai telah menjadi pusat perhatian bagi orang-orang di lingkungan rumahnya, karena ekspresinya yang luar biasa sebagai seorang ibu.

"Ini terjadi untuk pertama kalinya di desa kami. Kapan pun ia pergi ke ladang, ia selalu membawa anak sapii itu. Ia memberinya makan 3-4 kali sehari. Layaknya itu yang memberi kita ASI, Bai merawat anak sapi itu dan juga menyusuinya," jelas Ramlal, seorang warga desa Kilchu.

Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi yang ideal untuk bayi yang baru lahir. ASI mengandung komponen laktosa, protein dan lemak yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang baru lahir. ASI juga mengandung semua komponen alami vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi.

Ada banyak keuntungan yang bisa diambil jika ibu memberikan ASI pada bayinya, diantaranya adalah dapat meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayinya. Selain itu ASI juga bisa melindungi bayi dari alergi, asma, diabetes, obesitas dan sudden infant death syndrome (SIDS).

Keuntungan lainnya adalah bayi yang mengkonsumsi ASI selama 6 bulan pertama memiliki tingkat IQ 5-10 kali lebih tinggi dibanding bayi yang tidak mengkonsumsi ASI.

Kontak kulit antara ibu dan bayi bisa meningkatkan emosional antara keduanya, dan ASI juga memberikan keuntungan untuk sang ibu, karena bisa membakar kalori ibu dan menurunkan risiko kanker payudara setelah menopaouse nanti.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar