Air Terjun Pendung

Diposting oleh Blog Anak Muda on Jumat, 15 Januari 2010


Air Terjun Pendung di Desa Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kerinci. Lokasinya berada di sebelah kiri jalan raya di pertengahan antara Kota Sungai Penuh ke kebun teh di Kayu Aro. Ini termasuk obyek yang belum populer sehingga jarang dirambah wisatawan.

Untuk menuju ke air terjun itu, pengunjung harus menyusuri kebun, hutan, dan menyeberangi sejumlah sungai. Beruntung, kami diantar rombongan beberapa siswa yang tengah berlibur.

Di antara lintasan sungai-sungai, kami menelusuri jalan setapak tanah liat yang berlumpur, menyelinap di balik pepohonan, atau menyibak rerimbunan semak belukar. Kadang, kami harus melepas sandal atau sepatu agar lebih mudah berjalan.

Jalur ini masih sulit dilalui karena hanya sesekali digunakan. ”Pengunjungnya orang-orang di sekitar sini saja,” kata Ziki (13), salah satu anak pengantar kami.

Sekitar satu jam perjalanan, pada ujung Sungai Pendung, kami dikejutkan oleh pemandangan tak terduga. Sebuah ngarai atau lereng menjulang tinggi di atas sungai. Dari atas ngarai, muncul air bertumpahan dalam butiran besar dan kecil.

Air terjun itu diapit dinding batu yang berlekak-lekuk dan dipenuhi lumut, semak, atau suplir. Secercah sinar matahari dari atas ngarai itu menerobos masuk ke dalam jurang hingga menembus air sungai yang bening. Paduan antara ngarai, air terjun, sungai, dan terobosan sinar matahari tadi menciptakan suasana dramatis.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar