KeyLogger

Diposting oleh Blog Anak Muda on Senin, 11 Januari 2010

Keylogger adalah program spy, ia akan mencatat segala aktivitas yang kita lakukan di suatu komputer dan menyimpan semua informasi kedalam log file. Bekerja dengan mendeteksi signal keyboard yang kita tekan. Awal mulanya program ini ditujukan bagi orang tua agar bisa mengontrol aktifitas anak-anak mereka di komputer. Namun, oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab, program ini digunakan untuk memata-matai dan mencuri informasi yang mungkin penting untuk mereka (password email, nick, dll.).

Bagai mana mengetahui di suatu komputer ada key loggernya?(di OS under windows, karena warnet sebagian besar menggunakan ms windows untuk client)

Jawabannya adalah dengan membuka file2 registrasi. Sebagai contoh (dan memang mudah dilihat) msconfig.exe (start --> run --> msconfig) maka akan muncul menu "system Configuration Utility" click menu "startup" secara default akan muncul 5-6 item yaitu

1. scanregistry
2. TaskMonitor
3. System tray
4. load power profile
5. schedulingAgen

Jika ada tambahan seperti c-media mixer yach itu hanya tambahan dari souncard. Namun, jika ada yang terasa mencurigakan maka ada baiknya anda menduga itu adalah item keylogger (contoh: TIKL, rapid blaster, ed blaster).

Tapi ada baiknya anda melacak file2 tersebut untuk kemudian anda hilangkan. Sebagai contoh "TIKL" secara default tersimpan di system windows maka cari file tersebut dan delete semua nama file tersebut (file log nya pasti sama dengan aplikasinya), dengan demikian akan sedikit mengurangi bahaya "bocornya" informasi penting yang tercuri sama orang laen

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar